Monitoring Penyu di Site Pengamatan Pulau Wairundi

Tim Balai Besar TNTC melakukan monitoring populasi penyu di Site Pengamatan Spesies Prioritas Wairundi 19-23 Juni 2019. Pulau Wairundi diketahui menjadi habitat peneluran Penyu Hijau (C.mydas) dan Penyu Sisik (E.imbricata) sehingga ditetapkan menjadi lokasi prioritas survey populasi penyu TNTC. Kegiatan monitoring sendiri merupakan kegiatan rutin guna memantau populasi dan dalam rangka mendukung peningkatan presentase populasi spesies terancam punah.

Monitoring populasi dilakukan melalui survei tanda-tanda keberadaan penyu seperti bekas jejak, bekas lubang sarang atau bekas cangkang telur pada malam maupun pagi hari. Ditemukan 6 sarang baru dan 1 jejak penyu. Dari ke-6 sarang tersebut, dilakukan pemindahan telur dari 1
sarang asli ke demplot penetasan Kampung Isenebuai untuk menghindari abrasi pantai dan pasang surut serta memudahkan pengontrolan dan pengawasan, baik dari pemangsaan atau predator maupun dari perburuan manusia.

Upaya konservasi penyu merupakan program penting dan mendesak untuk melindungi dan menyelamatkan populasi penyu. Penyu juga makhluk ciptaan Tuhan yang harus diberi kesempatan untuk hidup.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Tinggalkan Balasan