DCIM100GOPROGOPR2571.JPG

BEN GURION SAROY JADI NAMA INDIVIDU BARU HIU PAUS DI TNTC

Hiu Paus “Ben Gurion Saroy” Nomor ID 181

 

 

 

 

 

 

Pada 28 September-3 Oktober 2020 Monitoring hiu paus (Rhincodon typus) kembali dilakukan oleh Tim Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Nabire. Dari hasil monitoring tersebut diperoleh 14 individu hiu paus dari beberapa titik pengamatan, 13 diantaranya merupakan individu lama yang telah diidentifikasi sebelumnya, sedangkan satu lagi adalah individu baru dengan nomor ID181 berukuran kurang lebih empat meter, berjenis kelamin jantan dan diberi nama Ben Gurion Saroy. Total hingga saat yang telah teridentifikasi adalah 181 individu hiu paus.

Jumlah individu hiu paus dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) sejak dilakukannya kegiatan monitoring oleh Balai Besar TNTC Bersama dengan WWF Indonesia dan CI Indonesia dari tahun 2011 hingga 2019 diperoleh 180 individu hiu paus yang teridentifikasi. Dari jumlah tersebut 158 individu jantan, 5 individu betina, dan 17 individu yang belum diketahui jenis kelaminnya

Banyaknya perjumpaan hiu paus saat monitoring diharapkan bisa menjawab branding dari kawasan TNTC “The Home of Whale Shark” dimana branding tersebut menggambarkan bahwa TNTC sebagai rumah hiu paus, karena ada garansi kemunculan hiu paus setiap hari sepanjang tahun.

 

Oleh: Sumaryono, S.Hut/ PEH Muda BBTNTC

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *