Rapid test 2

Antisipasi Penularan Covid-19, BBTNTC Lakukan Rapid Test

 

 

 

 

 

 

Meningkatnya kasus corona di Provinsi Papua Barat khususnya Kabupaten Manokwari, Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) melakukan langkah antisipatif dengan melakukan Rapid Test kepada seluruh pegawai pada Senin, 9 November 2020.

Kepala Bagian Tata Usaha BBTNTC, Hendrikus Rani Siga, mengatakan tujuan dilaksanakannya Rapid Test ini untuk memastikan seluruh staf BBTBTC bebas Covid-19. “Apabila teridentifikasi ada yang reaktif maka akan dilanjutkan dengan SWAB dan isolasi”, ujarnya.

Dengan mendatangkan tenaga medis, metode pemeriksaan secara cepat ini dilaksanakan di ruang rapat BBTNTC. Menggunakan alat catridge mengambil sampel berupa darah dari jari (kapiler). Pemeriksaan ini untuk melihat adanya  antibodi yang ada dalam tubuh ketika ada infeksi virus.

“Ada 60 pegawai BBTNTC yang melakukan Rapid Test“, demikian yang dikatakan Samsul Rahman, bendahara BBTNTC sekaligus koordinator pelaksana. Dari hasil Rapid Test tersebut, dua orang staf dinyatakan reaktif oleh tim medis. Menurut Samsul, staf tersebut akan melakukan Swab Test lagi, dan jika positif Covid-19 akan dikarantina mandiri.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, jumlah kasus positif corona di provinsi ini mencapai 4.509 orang atau 17,0% dari total jumlah orang yang telah diperiksa sebanyak 26.487 orang, 3.880 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Secara persentase tingkat kesembuhannya mencapai 86,1%.

Untuk mencegah penularan virus corona staf BBTNTC dihimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga kesehatan agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas terjaga, mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun, hindari kontak di kerumunan massa, serta menggunakan masker dimanapun berada.

Oleh: Ran Ogistira/ PEH

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *