smart

Conservation International Jalin Kerja Sama dengan BBTNTC

Komitmen Conservation International Indonesia (CI) dalam upaya pelestarian kawasan konservasi ditunjukkan dalam rapat penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) di Taman Nasional Teluk Cenderawasih, 19/1/2020.

Meitey Mongdong, CI Papua Barat, mengatakan dengan adanya kerja sama ini, kita bisa lebih optimal dan langgeng dalam mendukung pengelolaan TNTC, serta dapat memberikan kontribusi terhadap konservasi. “Kita kenal Papua Barat memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi menyebabkan konservasi menjadi sangat penting di sini”, tuturnya.

Inisiatif strategis dari CI yang dibangun di wilayah Papua khususnya bentang Kepala Burung adalah Konservasi Hiu dan Pari. Bersama dengan BBTNTC selaku pemangku kawasan, CI terus mendukung upaya pelestarian Hiu Paus (Whale Shark) di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Salah satu agenda kegiatan yang sudah berjalan dan akan terus dikembangkan adalah monitoring Hiu Paus.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar TNTC, Hendrikus Rani Siga, mengatakan dalam kerja sama ini harus berimbang, saling percaya, saling menghormati dan saling menguntungkan.

Hendrikus Rani Siga juga mengharapkan agar CI dapat terlibat langsung dalam pengelolaan TNTC, terutama dalam aspek peningkatan kapasitas, support expert dan pendanaan dengan melibatkan pemerintah daerah, masyarakat dan akademisi khususnya Universitas Papua.

 

Humas BBTNTC

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Tinggalkan Balasan