|

Pelatihan dan Workshop SMART Patrol

Upaya meningkatkan kapasitas pengawasan dan pengelolaan kawasan konservasi, Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) mengikuti pelatihan lanjutan Spatial Monitoring and Reposting Tool (SMART) Tahap II yang dilaksanakan oleh BBKSDA Papua Barat bekerja sama dengan Conservation International (CI) Indonesia Program di Sorong, 8-11 Februari 2020, diikuti 17 peserta dari BBKSDA Papua Barat, BBTNTC, KPHP Sorong Selatan dan KPHP Fakfak. Pelatihan ini merupakan lanjutan Tahap 1, yang telah dilaksanakan Desember 2019 lalu.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat, Budi Mulyanto, bertujuan untuk meningkatan kemampuan menganalisa dan penyusunan laporan berdasarkan data SMART yang telah dikumpul dan membahas serta menetapkan Standar Operation Procedure (SOP) proses pengumpulan dan pengelolaan data SMART pada BBTNTC.

SMART adalah alat yang dapat digunakan untuk merencanakan, mendokumentasikan, menganalisis, dan mengeluarkan laporan, sehingga data dalam suatu kawasan baik itu data potensi, ancaman ataupun keanekaragaman hayati dapat dikelola dengan baik. Menggunakan SMART dapat menjadikan data kegiatan lapangan menjadi terukur dan terstandarisasi sehingga evaluasi dan perancanaan dapat dilakukan dengan baik.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *