BALAI BESAR TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH BENTUK DESA BINAAN DI YAUR

“Sinar Nuhraggi” nama kelompok desa binaan yang dibentuk Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) pada Senin, 20 Oktober 2020, di balai desa kampung Yaur, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Nabire. Nuhraggi adalah salah satu Pulau di Yaur yang setiap pagi kelihatan bersinar cerah karena cahaya sinar matahari yang nantinya diharapkan menjadi salah satu potensi wisata di Kampung Yaur.

          Pembentukan Kelompok Masyarakat Desa Binaan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kepedulian masyarakat di Kampung Yaur terhadap pengelolaan kawasan TNTC, menjadi media yang mampu meningkatkan kapasitas masyarakat baik secara individu maupun kelompok, mengelola potensi sumber daya berikut permasalahannya guna peningkatan kemandirian, kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat daerah penyangga kawasan konservasi dengan tetap menjaga kelestarian kawasan konservasi.

Kehadiran masyarakat kampung yang memenuhi Balai Desa menunjukkan besarnya minat dan harapan masyarakat dalam pembentukan kelompok kali ini. Total jumlah peserta yang hadir sebanyak 50 orang dan dihadiri oleh Sekretaris Kampung, Luckius Bauromi, Kepala BPTN Wilayah I Nabire, Manuel Mirino, beserta aparat kampung dan staf BBTNTC.

Pembentukan Kelompok Masyarakat Desa Binaan ini adalah upaya meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat di daerah penyangga dalam pengelolaan Kawasan serta untuk mengurangi resistensi masyarakat terhadap kawasan konservasi.

Oleh : Rolf Geffken Situmeang 

Calon Penyuluh Kehutanan Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.