Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Teluk Wondama Tahun 2022

Pekan Kebudayaan Daerah telah selesai dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selama tiga hari mulai 28 November hingga 30 November 2022. Berlokasi di Taman Masaoya Topai, Wasior, menampilkan berbagai macam atraksi kesenian dan budaya, serta kearifan lokal masyarakat Kabupatek Teluk Wondama.

Banyak atraksi kesenian dan budaya yang ditampilkan dalam Pekan Kebudayaan Daerah antara lain parade baju nusantara, atraksi tokok sagu, pengolahan buah hitam, cerita rakyat, balengan dan suling tambur, astraksi tari kreasi dari sanggar tari serta pameran kerajinan dan kuliner masyarakat dari berbagai kampung yang ada di Kabupaten Teluk Wondama.

Balai Besar Taman Nasional turut terlibat dengan memfasilitasi kelompok desa binaan dalam memasarkan hasil-hasil kerajinan. Salah satunya adalah dari Kelompok Ekowisata Wadowun Beberin Kampung Aisandami berupa kerajinan tangan dan produk olahan kerupuk teripang. Adapula kerajinan cantik hasil karya kreatif dari mama-mama Kampung Aisandami, antara lain: tas, piring, vas bunga, keranjang, hiasan dinding, kalung, anting-anting, sirkam rambut dan ukiran.

Kepala Seksi PTN Wilayah III Aisandami, Cores Y. Makamur mengatakan bahwa Pekan Kebudayaan Daerah ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kerajinan dan olahan yang dihasilkan oleh kelompok desa binaan BBTNTC.

Banyak potensi sumber daya alam dan budaya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di TNTC, terutama di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, salah satunya Kampung Aisandami. Kelompok Ekowisata Wadowun Beberin yang mengelola wisatanya telah mengemas ke dalam paket-paket wisata, antara lain: pengamatan burung Cendrawasih di Gunung Papisyowi, trekking ke Air Terjun Mambi, canoeing di hutan mangrove, bameti (tradisi memungut ikan kerang dan udang pada saat air laut surut). Selain paket wisata, terdapat juga homestay yang bisa dihuni oleh wisawatan saat berwisata ke Kampung Aisandami.

Buat kalian yang ketinggalan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Teluk Wondama, kalian bisa berkunjung kapan saja ke Kampung Aisandami. Sampai jumpa di Pekan Kebudayaan Daerah Selanjutnya yah..

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.