SELF ASSESMENT METT TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH 2022

Penilaian efektivitas pengelolaan merupakan sebuah evaluasi yang dilakukan untuk melihat sejauh mana pengelolaan telah dilakukan dalam kerangka mancapai tujuan yang ditetapkan.

Sebagai kawasan konservasi strategis, Taman Nasional Teluk Cenderawasih perlu dipantau dan dievaluasi kinerja Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan masukan mengenai perbaikan yang perlu dilakukan, serta pencapaian tujuan sesuai mandat Menteri Kehutanan yang tertuang dalam SK Penunjukan maupun SK penetapan sejak tahun 1993 dan tahun 2002.

Penilaian efektivitas pengelolaan TNTC dilakukan melalui kegiatan Self Assesment METT (Manajemen Effectiveness Tracking Tool). Pada tahun 2022 ini dilaksanakan kembali evaluasi penilaian METT TNTC 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 27 – 28 Oktober 2022 di Kantor Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Sebelumnya Penilaian efektifitas pengelolaan kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih dilaksanakan bulan Oktober 2019 didapatkan nilai METT sebesar 78%.

Maksuddari kegiatan penilaian METT ini adalah untuk memberikan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang pengelolaan dan penilaian efektifitas kawasan konservasi khusunya dikawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih dan serta mendapatkan nilai METT Score Pengelolaan TNTC tahun 2022. Kegiatan Penilaian METT BBTNTC dihadiri oleh kurang lebih 35 peserta yang terdiri dari instansi pemerintah dan akademisi, diantaranya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNIPA, Balai Pemantapan Kawasan Hutan XVII, Dinas Pariwisata Nabire, Dinas Pariwisata Teluk Wondama, Dinas Perikanan dan Kelautan Teluk Wondama, Dinas Perikanan dan Kelautan Nabire, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Nabire, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Teluk Wondama, DKP Provinsi Papua Barat, DKP Provinsi Papua, Fakultas Kehutanan Universitas Papua (UNIPA), dan seluruh pejabat struktural serta beberapa pejabat fungsional BBTNTC. Penilaian ini difasilitatori langsung oleh fasilitator khusus METT dari UNIPA, Anton Sineri. Seluruh peserta bersama-sama menjawab pertanyaan untuk menentukan tingkat efektivitas pengelolaan TNTC melalui diskusi terbuka.

Proses Diskusi dan Penilaian

Berdasarkan hasil penilaian, didapatkan nilai METT Score pengelolaan TNTC tahun 2022 sebesar 80%, artinya pengelolaan TNTC sudah dilaksanakan dengan relative cukup baik. Terdapat peningkatan jumlah METT Score tahun 2022 apabila dibandingkan dengan periode tahun 2019 sebesar 2% yaitu dari 78% naik menjadi 80%. Ancaman utama yang teridentifikasi dari hasil diskusi yaitu ; Sampah dan limbah akibat aktivitas manusia dan pengembangan wilayah serta Perburuan dan pengambilan sumber daya laut yang tidak ramah lingkungan.

Oleh : Ganis Citra Purmadewi, S.Hut/PEH Pertama

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.